Sabtu, 08 Desember 2018

Jenis Pekerjaan Tangan yang Banyak Menghasilkan Uang

Dari banyaknya pekerja yang mencari posisi lowong pekerjaan, tidak sedikit yang menerima keberhasilan saat wawancara. Ini artinya yang menerima kegagalan jauh lebih banyak dari pada yang berhasil diterima. Wajar, karena posisi pekerjaan yang "dilelang" jumlahnya jauh lebih sedikit dari pada para pelamar kerja. Pengalaman saya melamar kerja memang sudah banget, persaingannya cukup berat. Persaingan bukan dimulai dari saat wawancara saja, namun sudah dimulai sejak membuat resume. Ya membuat resume memang cukup berat baik dari sisi design ataupun pemaparan "capability".

Bukan  hanya saya yang merasakan seperti itu, tapi juga para pelamar lainnya, dan termasuk kamu yang sedang dalam proses melamar pekerjaan. Resume seperti apa ko dianggap sulit? Ya tentu resume "yang menjual". Menjual siap? Menjual diri kamu sendiri. Apa yang dijual dari diri sendiri? Kemampuan dalam bidang yang dibutuhkan perusahaan.
Untuk alinea ini kamu bisa baca pada halaman ini:

Ok, tidak mau lebih jauh lagi dari tema kali ini yaitu jenis pekerjaan tangan yang menghasilkan banyak uang. Ya kelihatannya cukup mudah untuk mendapatkan jutaan rupiah dari kerajinan. Dan memang begitu. Jika kamu kreatif apa pun bisa jadi uang dengan bermodalkan sedikit bajan baku seadanya. Ok lebih lanjut akan kita bahas pekerjaan apa saja yang bisa menghasilkan uang banyak.


Kerajinan Bambu


Bambu merupakan bahan yang sangat murah untuk bisa didapatkan, namun jika sudah menjadi kerajinan keuntungannya puluhan kali lipat. Tidak sulit untuk bisa mendapatkan bambu. Di setiap daerah/wilayah pasti terdapat penjual bambu. Sumber daya alam berupa bambu ini sangat banyak, namun yang serius menekuni kerajinan bambu sangat sedikit. Bisa dibilang belum tentu setiap daerah ada.

Pekerjaan-yang-menghasilkan-uang-banyak

Nah, jika kamu belum memiliki ide untuk berbisnis kerajinan tangan, ada baiknya melirik peluang ini. Untuk bisa mengerjakan kerajinan tangan dari bambu tidak memerlukan ruang yang besar karena di ruang sempit pun bisa dilakukan. Ada banyak jenis kerajinan tangan atau pekerjaan tangan (craft) dari bambu yang bisa dibuat, misalnya tempat lampu, asbak, replika gelas, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari berbagai jenis produk bambu melalui ebook, atau melalui website.

Kerajinan tangan dari barang bekas


Jangan menyepelekan barang bekas yang dibuang begitu saja. Meski banyak orang yang tidak memperdulikan barang bekas dengan membuangnya begitu saja, kamu bisa mencari dan menyortir barang bekas untuk dijadikan bahan kerajinan tangan. Banyak orang sukses membuat kerajinan dengan barang bekas. Namun kalau bicara "ide" tidak ada yang menyamai. Ide kamu dalam membuat kerajinan, mau seperti apa, hanya kamu sendiri yang tahu. Dan bagiamana konsep produk serta siapa calon konsumennya, hanya kamu sendiri yang tahu. Jadi peluang dengan sesuatu yang unik sangat luas dan tidak akan ditiru orang begitu saja. Dalam menggunakan barang bekas ada baiknya mengelompokkan berdasarkan bahan barang bekas tersebut, terbuat dari apa. Apakah plastik, kaca, kertas, kayu, atau material lainnya. Nah, bila kamu kekurangan barang bekas sebagai bahan baku, kamu bisa cari di lapak barang bekas, pengepul barang bekas, atau tempat lainnya.

kerajinan-dari-barang-bekas


Cerita nyata sedikit:


Ada cerita nyata yang merupakan pengalaman dari kakak iparku sendiri, ia seorang perempuan yang banyak menghabiskan waktunya sebagai ibu rumah tangga, dan mengajar anak-anaknya sendiri di rumah. Suatu ketika ia berkenalan dengan seseorang yang sudah mahir membuat kerajian khususnya dari bahan plastik. Lama kelamaan kenal akrab dan diajak lah kakak iparku untuk ikut belajar membuat kerajinan plastik. Sambil belajar sambil praktek. Lama kelamaan bisa dan mahir. Bahan plastik yang digunakan cuma satu jenis yaitu plastik bekas bungkus kopi.

Satu jenis bungkus kopi dengan berbagai variasi merek kopi. Ada kapal api, ada Tora bika, ada Nescafe, ada jenis kopi lainnya. Kamu bisa tebak jenis kerajinan apa itu? Tas wanita. Ya, tas wanita yang biasa dibawa untuk ke kantor, shoping, jalan-jalan, atau tas jenis tempat kosmetik. Kamu tidak akan menyangka kan jenis kerajinan apa yang bisa dibuat hanya dengan plastik bekas kopi sachetan.

Awalnya aku juga tidak percaya kumpulan plastik bekas kopi tersebut bisa dibuat tas. Tapi nyatanya memang begitulah. Dan hasil produksi kerajinan tangannya aku akui jempol. Bagus banget.

Harganya juga lumayan mahal. Karena jenis produknya adalah craft, yang memiliki definisi buatan tangan manusia, yang sangat butuh ketelitian dan kesabaran, maka wajar jika harganya cukup tinggi.

Harga per-piece nya dengan ukuran normal tas wanita 250.000,- sampai 300.000,-
Pernah aku tanya, "satu tas dapat dikerjakan berapa hari ?". Dia jawab "bisa 3-5 hari asal bahan bakunya sudah ada". Lantas aku tanya, "dari mana ko bisa dapat bungkus kopi hingga ribuan". Katanya, "kerja sama dengan warung-warung kopi di sekitar tempat tinggalnya.

" Hmm.. dalam hati wajarlah jikalau setiap warkop bisa menghabiskan 25-50 bungkus kopi per hari, maka kalau ada 10 warung kopi, ia bisa mengambil rata-rata (25+50):2=37,5. Lah, kalau ada 10 warung kopi berarti ia bisa mengambil 37.5x10=375 bungkus bekas kopi sachet per hari. Hari berikutnya ia mengambil lagi sebanyak 375, dan seterusnya. Jika begitu, memang secara logis bisa mendapatkan bahan baku sebanyak itu. Dan secara kontinyu, selama ada warung kopi, bisnisnya pun akan berlanjut terus.

Bagaimana cara memasarkan kerajinan barang bekas?


Jika kamu punya produk kreatif, meski dari barang bekas sekalipun, untuk memasarkan sebenarnya tidak perlu khawatir, karena jaman sekarang banyak media yang bisa digunakan untuk promosi. Tentunya sebagai alternatif pemasaran langsung (offline). Media promosi bisa antar teman, atau kelompok dalam sebuah acara seperti arisan, sementara dengan cara online bisa menggunakan Facebook atau Instagram. Facebook dan Instagram merupakan dua alat yang cukup manjur untuk berjualan. Selama kamu memiliki usaha yang belum maju, kamu bisa menjualnya dengan dua sosmed tersebut.  Jika sudah maju, bisa merambah ke pembuatan website yang khusus menjual kerajinan tangan, dengan jasa pembuat website (web design).

Cari ide lain


Pekerjaan tangan (craft) atau yang disebut dengan kerajinan tangan, bukan hanya sekedar dua contoh nyata di atas. Masih banyak, bisa puluhan bahkan sampai ratusan jenis bidang yang bisa digeluti. Semakin menggali kemampuanmu dalam usaha ini, maka kamu akan semakin banyak mendapatkan ide kreatif untuk jenis produk lainnya. Jadi, jangan malas jika kamu memiliki banyak waktu luang. Gunakan untuk hal positif yang bisa mendatangkan uang. Dan uang yang kamu dapatkan jangan lupa sebagian untuk investasi/tabungan yang kelak jika sudah banyak bisa dipakai sebagai tambahan modal usaha atau untuk ibadah seperti pergi haji. Heheh... Insya Allah bisa asal tekun dan banyak pembelinya.

0 komentar:

Posting Komentar