Kamis, 01 Januari 2015

Cari Kerja - Hal-hal Apa Yang Harus Difokuskan Saat Mencari Pekerjaan

TrikCariKerja.com - blog yang berisi trik-trik sukses cari kerja
Cari kerja ga dapet-dapet, bikin cepat frustasi dan emosi. Hal seperti inilah yang sering dialami oleh para pencari kerja yang tidak kunjung dapat pekerjaan yang diinginkan. Jika anda merupakan bagian dari permasalahan ini maka anda harus bersabar, karena memang mencari pekerjaan harus mencapai titik temu antara anda (yang sedang cari kerja dengan kualifikasi keahlian/ketrampilan) dengan perusahaan yang memang sedang menerima lowongan dengan kriteria yang anda miliki.


Dalam pencarian kerja anda harus sadar bahwa mencari kerja adalah proses "menjual" diri anda, dan jika anda ditolak ketika melamar pekerjaan, maka itu adalah hal yang wajar. Sama halnya ketika anda melihat seorang sales yang menawarkan barang dagangannya kepada anda kemudian anda tolak. Namun jangan patah semangat, karena banyak orang yang seperti anda namun pada akhirnya mereka sangat dibutuhkan/dicari perusahaan. Banyak hal yang bisa anda lakukan selama belum bekerja, misalnya meningkatkan keahlian dengan cara mengikuti seminar, training, kursus, dan lainnya yang bermanfaat. Berpikir tentang penolakan kerja akan membuat anda seperti terkena benturan ketika berada dijalan raya, namun anda harus yakin bahwa anda berada dijalur yang tepat.

Berbicara tentang pencari kerja (job hunters), banyak dari mereka yang sengaja "menjual" kemampuan mereka di bawah harga. Ini juga menjadi dilema bagi mereka yang berpendidikan tinggi, karena mereka dihadapkan pada keadaan yang memang sulit. Jika anda ingin mahir melakukan wawancara kerja maka perbanyaknya untuk membaca buku buku referenci tentang teknik wawancara. Begitu juga dengan referensi buku-buku tentang bagaimana cara berpikir positif. Mencari kerja bukan hanya sekedar berkaitan dengan keahlian yang ada dalam dalam otak, namun labih jauh dari itu, sikap, mental, kecakapan berkomunikasi (communication skill), kemampuan negosiasi (negotiation skill), dan faktor positif lain yang sangat anda butuhkan.

Anda dulu sewaktu kecil pasti belajar naik sepeda, dan pada saat latihan pasti sering terjatuh, kemudian naik lagi, jatuh lagi, naik lagi jatuh lagi, hingga berulang ulang. Ini bisa dimaklumi. Begitu juga dalam proses mencari pekerjaan. anda semakin sering ditolak, maka akan semakin lihai dalam melakukan tes dan wawancara kerja.

Bersaing dengan para kandidat pencari kerja akan semakin seru. Beberapa lowongan pekerjaan yang anda incar bisa saja sudah di isi oleh orang lain yang lebih cepat geraknya, sehingga jika ada lowongan pekerjaan yang sama, tingkat persaingannya akan lebih ketat.

Jika halnya demikian maka ada beberapa poin yang bisa membantu anda menghadapi situasi yang anda alami :

  • Mintalah beberapa teman anda yang paling anda percaya untuk menilai perkembangan anda dalam mencari kerja. Mintalah dia sebagai advisor anda.
  • Bergabunglah dengan seminar dan atau workshop ketenagakerjaan. Dari sana anda dapat berpartisipasi, dan akan lebih mudah untuk melihat kemampuan orang lain yang memiliki keahlian yang sama dengan anda, dan anda dapat mencari orang dengan siapa anda membutuhkan support/dukungan.
  • Temui orang yang telah sukses dalam mencari pekerjaan atau orang yang memiliki banyak pengalaman kerja, memiliki banyak ilmu tetang bagaimana dia dulu mendapatkan sebuah pekerjaan.
  • Anda tidak pandai berbicara, atau selalu grogi saat wawancara kerja?. Temuilah orang yang memiliki pekerjaan sebagai sales. Sales merupakan orang yang paling lihai dalam hal teknik berbicara, bagaiman seorang sales menghadapi karakter setiap orang dalam melakukan presentasi dan menjual. Begitu juga anda harus mampu melakukan presentasi diri anda sendri dan menjual kemampuan anda saat melakukan wawancara kerja di perusahaan.
  • Bisa saja anda ditolak saat melamar pekerjaan karena latar belakang anda, tentang siapa anda. Jika halnya demikian maka anda bisa melakukan analisa penyebabnya. Tulisalah pada note, apa penyebabnya dana aja saja yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya.
  •  Hilangkan sifat buruk anda, misalnya jika anda suka berbicara kotor, maka perbaikilah. Jika anda suka berprasangka buruk, maka hilangkanlah. Ini sangat penting apalagi ketika anda melamar pekerjaan. Setiap pewawancara kerja dapat mengetahui psikologi seseorang, dan akan mengetahui sifat anda dari gaya bicaranya, ataupun gerak-gerik anda.
  • Jika anda mencari pekerjaan dengan teman anda, pilihlah teman anda yang memiliki attitude yang baik. Ingat, jika teman anda baik, maka anda akan lebih mudah terbawa ke hal-hal positif dan kebaikan.
  • Ketika anda mencari kerja, jangan menentukan "goal" yang tidak realisitk. Misalnya, anda menginginkan kondisi sesukses sebelumnya. Target boleh saja namun setiap perusahaan memiliki karakter yang berbeda.
  • Lakukan olah raga. Dengan berolah raga maka tingkat stress anda dapat berkurang.
  • Saat wawancara kerja gunakan pakain yang cocok, pantas, dan sopan. Ingat, orang lain melihat anda dari cara berpakaian.
  • Selain pakaian, perhatikan model potongan rambut anda.
Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan di saat-saat anda mencari pekerjaan. Fokuslah dengan apa yang disebutkan di atas, anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Buatlah poin-poin pada sebuah secarik kertas apa saja yang harus anda lakukan dan apa saja yang tidak seharusnya anda lakukan, untuk lebih cepat dapat kerja.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.