Sabtu, 17 Januari 2015

Cara Mencari Pekerjaan Yang Paling Cocok

Blog TrikCariKerja - bukan sekedar tips cari kerja.
Anda masih bingung cari pekerjaan yang cocok? Sudah coba ngelamar kerja ke sana kemari belum juga dapet kerjaan yang pas? Atau bahkan anda sedang menganggur namun bingung mau cari kerjaan apa?. Tidak banyak memiliki relasi, mengandalkan outsource keluar banyak uang dan kerjaan yang didapat nantinya selalu kerja kontrak?.

Ya, mencari pekerjaan memang bukanlah sesuatu yang gampang, banyak sekali saingan yang dihadapi ketika melamar pekerjaan. Bahkan dari berbagai sekolah kejuruan dan perguruan tinggi/universitas yang lebih unggul sekalipun akan anda temui ketika anda melamar pekerjaan. Semua manjadi saingan anda ketika melamar pekerjaan. Jika anda tidak tahu trik dan tips-tipsnya, maka anda akan kalah saing mulai dari pertama kali menyerahkan/mengirim surat lamaran kerja hingga warancara dan nego gaji. Untuk itu tetaplah dengan www.trikcarikerja.com untuk selalu update tips dan trik sukses cari kerja. Banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan membaca artikel yang ada di blog Trik Cari Kerja ini

Berikut beberapa trik untuk cepat mendapat pekerjaan yang anda inginkan:

    1. Bangun kualifikasi keahlian/ketrampilan yang anda miliki. 

    Dengan membangun kualifikasi yang anda miliki maka anda akan semakin memiliki kemampuan di bidang pekerjaan tertentu. Dengan kemampuan khusus yang anda miliki maka anda akan semakin dibutuhkan perusahaan / orang lain. Setelah anda yakin dengan kemampuan anda, maka buatlah resume/cv yang powerful untuk "memasarkan" diri anda ke perusahaan yang anda target. Jujurlah dengan apa yang anda tulis dalam cv/resume anda tentang kemampuan anda, agar di kemudian hari tidak ada masalah dengan pekerjaan anda. Resume anda adalah harga diri anda dalam menjual kemampuan anda kepada setiap perusahaan.


    2.  Kembangkan kemampuan anda dalam berbicara

    Setiap perusahaan ingin mengetahui anda, siapa anda sebenarnya. "Jelaskan kepada saya tentang diri anda" merupakan pertanyaan umum yang paling sering dilontarkan saat wawancara, meskipun mereka sudah mengetahui/membaca resume anda. Setiap pewawancara kerja mampu mengetahui karakter seseorang dari gaya bicaranya, bagaimana si pelamar kerja berbicara, dan menyampaikan pernyataan dalam kaitannya dengan pertanyaan tersebut, mengapa anda tertarik pada perusahaan P dan apa target anda jika anda bekerja pada perusahaan tersebut.

    3. Buatlah daftar apa saja yang bisa anda kerjakan

    Setiap perusahaan di mana anda akan bekerja nantinya ingin mengetahui bagimana anda bisa menjadi karyawan yang baik dan sangat kompeten dengan posisi pekerjaan yang anda lamar. Carilah beberapa buku yang bisa meningkatkan kompetensi anda, misalnya jika anda merasa memiliki -- (karena yang tahu anda sendiri) -- kemampuan yang sangat bagus dalam bidang managerial, maka anda harus dapat memutuskan hal terbaik menurut anda dan perusahaan. Beberapa yang mejadi point penting misalnya cara berpikir logis dan mampu meng-handle setiap informasi, kemampuan menggunakan teknologi untuk mempermudah pekerjaan anda nantinya seperti kemampuan analisa, komputasi, dan grafik/statistik, bagaimana anda bisa berkomunikasi secara efektif dalam setiap pekerjaan baik secara lisan maupun tertulis/surat-menyurat, bagaimana memiliki pribadi yang kuat karena di setiap pekerjaan anda nantinya akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang kompleks.

    4.  Persiapkan wawancara kerja yang bersifat behavioral (kondisional)

    Ini biasanya jika terjadi jika anda pernah memiliki pengalaman kerja pada perusahaan lama. Pertanyaan seperti "Apa yang anda lakukan jika ada anggota keluarga anda ada yang sakit, sementara pekerjaan anda sedang ditunggu calon customer dalam proses follow up dan anda sangat dibutuhkan perusahaan untuk menghandlenya?". "Bagaimana anda menghadapi karyawan yang sering telat datang ke kantor?". Dengan pertanyaan ini sebenarnya perusahaan ingin mengetahui anda dalam hal problem solving saat. Sebesar apa kemampuan anda dalam meyelesaikan masalah yang harus anda lakukan. Penyelesaian masalah yang win-win solution dalam kondisi yang sangat menentukan/darurat sangat diharapkan oleh setiap perusahaan. Jika jawaban anda dapat diterima, maka anda kemungkinan akan dipanggil untuk wawancara berikutnya yaitu negosiasi gaji, dan pada akhirnya anda bisa bekerja di perusahaan yang anda idam-idamkan. Anda ingin tahu apa tujuan wawancara kerja?, baca juga artikel trikcari kerja berkaitan dengan tujuan wawancara kerja.

    5. Carilah perusahaan yang cocok

    Mencari pekerjaan dapat dilakukan dengan media internet, namun jangan selalu mengandalkan internet. Ada banyak cara, bisa melalui media/koran cetak, relasi keluarga, ataupun teman. Bisa jadi anda bersaing dengan banyak kandidat hanya untuk memperebutkan satu posisi. Perusahaan yang cocok di sini adalah perusahaan yang mensyaratkan kriteria keahlian yang sesuai dengan keahlian anda. Semakin anda banyak relasi akan semakin besar kemungkinan anda mendapatkan informasi perusahan yang sedang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan keinginan anda.
    Bangun relasi yang lebih spesifik, misalnya jika anda sangat kompeten dengan dunia arsitektur bangunlah hubungan dengan orang-orang yang memiliki keterkaitan satu sama lain, misalnya orang yang bekerja di bidang kontraktor, elektrikal, mekanikal, surveyor, dll. Masuklah ke dalam forum-forum tersebut, dan tulislah nama profile anda, riwayat kerja, dan interest anda yang sebenarnya, agar orang lain dapat mengenali anda lebih dekat. Aktiflah berkomentar dalam thread forum yang anda ikuti.

    Itulah beberapa trik untuk dapat menemukan pekerjaan yang cocok sesuai dengan yang anda inginkan. Dengan beberapa trik yang anda pahami dan perhatikan, sebenarnya mencari pekerjaan yang cocok bukanlah hal yang sulit. Namun, jangan lupa semua usaha anda dalam mencari pekerjaan merupakan bantuan dari Allah SWT, jadi jangan malas untuk terus berdoa agar usaha anda berhasil secepatnya.

    Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.