Setiap perusahaan besar baik perusahaan yang bergerak dalam bidang poduksi barang ataupun jasa sudah pasti memiliki profesional di bidang marketing. Ia adalah seorang product marketing manager. Seorang product marketing manager memiliki tugas khusus yang berkaitan langsung dengan pemasaran (marketing). Ia bisa saja membawahi team marketing yang terdiri dari beberapa sub manager di bawahnya misalnya berdasarkan wilayahnya masing-masing.
Seorang marketing manager memiliki tanggung jawab yang rumit dan harus mampu membaca "permintaan pasar" sesuai dengan "zamannya", bahkan harus dapat mempredisksi penjualan berdasarkan hasil analisa yang dia lakukan, baik untuk tahun berjalan ataupun untuk beberapa tahun ke depan, bisa 5 tahun atau bahkan 10 tahun kedepan.
Jika anda ingin melamar pekerjaan sebagai product marketing manager untuk beberapa tahun kemudian sesuai dengan tujuan perkembangan karier anda, maka sudah saatnya sejak sekarang mempersiapkan apa saja yang perlu anda lakukan. Dari "jobs description" yang ada di bawah ini, anda bisa mengetahui apa saja tanggung jawabnya dan secara teknis anda dapat mempelajari bidang keahlian yang diterapkan.
Job Description:
Job descripsion / deskripsi pekerjaan dari seorang product marketing manager merupakan tugas dan kewajiban utama yang harus selalu konsisten dilaksanakan, di antaranya yaitu:
- Mampu melakukan perencanaan dan menyusun laporan aktivitas marketing
- Mampu mengatur lifecycle product dan respon terhadap kebutuhan pasar
- Mampu bekerja sama dengan tim sales untuk pemahaman produk ke customer
- Mampu menyusun evaluasi / riset pasar untuk mengetahui pola perilaku konsumen, baik melalui testing, interview, ataupun dengan metode lainnya. Bagaimana seseorang membeli produk dan kriteria apa saja sampai ia mau membeli produk.
- Dapat menjadi pusat referensi untuk semua produk dan bekerja secara kolaborasi dengan sales tim/tim marketing
- Mampu mengumpulkan data dan menganalisisnya trend sales untuk membuat rencana strategis memasuki pasar ke depan.
- Mampu menghadiri dan mengkoordinasi berbagai event seperti pameran dan bazaar, dan konfrensi marketing sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan.
Setelah anda mengetahui job description seorang product marketing manager, tentunya anda juga harus tahu bagimana persyaratan untuk menempati posisi/jabatan karier tersebut.
Apa saja syarat untuk menjadi product marketing manager?
Nah, berikut merupakan persyaratan untuk menjadi seorang profesional sebagai product marketing manager:
- Memiliki latar belakang di bidang pemasaran, baik pengalaman ataupun pendidikannya.
- Memiliki pengalaman 5 tahun pada bidang yang relevan, misalnya pernah bekerja pada perusahaan elektronik.
- Memahami bidang pemasaran, riset pemasaran, dan analisis kompetitif.
- Mampu bekerja di bawah tekanan dan berorientasi pada hasil
- Kemampuan yang bagus dengan program ms.office seperti words, excel, dan powerpoint
Banyak perusahaan memberikan kesempatan dan remunerasi yang menarik untuk seorang product marketing manager, baik training ke luar negeri, gaji, ataupun bonus yang menggiurkan. Anda siap menjadi product marketing manager? Persiapkan sejak saat ini.