Senin, 16 Februari 2015

Apakah Anda Siap Pindah Kerja Di Bidang Yang Berbeda?

TrikCariKerja - tips & trik pindah kerja
Pindah kerja di bidang yang berbeda bagi sebagian orang memang menjadi tantangan tersendiri karena pada kenyataannya banyak orang sukses berada pada jalur yang berbeda dari pendidikan yang pernah dienyamnya. Ini demi kesejahteraan yang lebih baik dari pekerjaan sekarang yang telah bertahun-tahun digelutinya, namun tak kunjung menuai sukses. Banyak orang berpendidikan A bekerja pada bidang B dan malah sukses. Bagaimana dengan anda yang selama ini tidak pernah merasa puas dengan pekerjaan yang digeluti sekarang?

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips dan trik yang bermanfaat jika anda ingin pindah kerja pada bidang yang berbeda.

  1. Meski anda memiliki bidang pendidikan tertentu, namun jika bakat dan hobi anda berbeda dengan latar belakang anda, maka anda akan lebih mahir, dan lebih menguasai hobi anda, jika hobi anda dijadikan bisnis maka besar kemungkinana anda akan menuai sukses. Karena segala sesuatu yang telah menjadi hobi dapat anda kerjakan dengan senang hati dan sungguh-sungguh. Maka jadikanlah hobi anda menjadi lahan bisnis yang lebih menguntungkan dari sekedar pekerjaan berat anda sehari-hari.

  2. Jika anda ingin bekerja kembali pada perusahaan lain, namun dengan bidang yang berbeda, maka catatlah semua keahlian anda pada selembar kertas. Analisa apa saja kemampuan anda yang menonjol, misalnya kecakapan berbicara, kecakapan bernegosiasi, dll. Jika saat ini anda bergelut tiap hari dengan pekerjaan kantor, jangan batasi anda dengan kemampuan anda di kantor. Kemampuan anda yang menonjol akan menjadi kelebihan dan modal anda saat berpindah pada pekerjaan yang berbeda. Perbaikilah surat lamaran anda dan cv anda. Masukkan beberapa keahlian anda pada CV (Curricilum Vitae) berkaitan dengan pekerjaan baru nantinya. Hal ini untuk meningkatkan nilai CV anda. Jika berikutnya anda dipanggil untuk wawancara kerja, maka segera persiapkan diri anda sebaik mungkin.

  3. Pelajari terus hal-hal berkaitan dengan pekerjaan baru anda dan cari sebanyak mungkin informasi berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Ada banyak sumber di internet apapun yang anda cari. Cari juga informasi tentang perusahaan baru anda agar pada saat wawancara, anda setidaknya sudah tahu sedikit banyak tentang bidang pekerjaan, budaya kerja, dan hal-hal lainnya. Ini juga akan mempercepat anda beradaptasi nantinya.
Itulah trik untuk pindah kerja pada bidang yang berbeda. Memang tidak mudah dilakuakan namun jika keinginan anda kuat dan "passion" anda bagus maka anda bisa melakukannya. Sudah banyak orang yang bekerja dan mencapai kesuksesan meski ia tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dan yang terakhir adalah antara "mau" dan "tidak" untuk mengambil kesempatan yang lebih baik.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.