Rabu, 21 Januari 2015

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan: Meningkatkan Personal Value

blog TrikCariKerja - trik cepat mendapatkan pekerjaan
Mencari pekerjaan bagi sebagian orang bukanlah perkara mudah. Mungkin hal inilah yang terjadi pada diri anda. Banyak surat lamaran kerja sudah dikirimkan ke berbagai perusahaan namun belum juga mendapatkan panggilan wawancara kerja, atau mungkin sudah pernah mendapatkan panggilan wawancara kerja namun selalu gagal diterima untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan yang anda incar ?

cepar-dapat-kerja

Banyak hal yang tanpa anda sadari sebenarnya merupakan kelemahan anda dalam mencari pekerjaan. Salah satunya adalah "personal value". Personal value adalah nilai dari kemampuan diri anda sendiri, bagimana anda menguasai ketrampilan/keahlian sesuai dengan latar belakang pendidikan yang anda miliki. Jika anda tidak benar-benar menguasai keahlian yang anda miliki maka anda akan lebih susah untuk bersaing dalam posisi pekerjaan/karier yang anda targetkan. Selalu tingkatkan kemampuan anda sesuai latar belakang pendidikan anda. Akan lebih baik jika latar belakang pendidikan anda juga sesuai dengan hobi anda, misalnya bidang otomotif, wedesign, desing interior, ataupun lainnya.

Personal value bukan hanya keahlian/ketrampilan yang anda miliki, namun juga sikap (attitude), pola pikir, kepercayaan, tanggung jawab, kejujuran, integritas, dan kemampuan anda untuk bekerja sama dalam sebuah tim kerja. Saat anda menghadapi wawancara kerja aspek-aspek inilah yang dipakai untuk menilai anda, apakah perusahaan bisa menerima anda atau tidak.

Sebagai contoh, jika anda memiliki keahlian/ketrampilan yang mumpuni dan semua tidak ada masalah dengan sikap anda, maka kemungkinan besar anda akan diterima bekerja. Namun, jika pada saat wawancara saja sikap anda menunjukkan/mengucapkan sesuatu yang kurang baik ditambah pola pikir anda tidak "maju", maka bisa jadi anda tidak akan diterima bekerja. Anda harus ingat bahwa setiap orang yang mewawancari anda saat melamar pekerjaan adalah orang yang orang yang bisa "membaca" karakter anda.

Jadi, personal value ( nilai pribadi) anda harus anda tingkatkan terus-menerus dan selalu belajar untuk evaluasi diri. Apakah keahlian/ketrampilan anda sudah cukup untuk memberikan kontribusi pada perusahaan tempat anda bekerja nantinya ? Apakah sikap anda sudah sesuai dengan yang mereka inginkan jika anda bekerja diperusahaan baru ? Ataukah jika anda bekerja pada perusahaan baru bisa bekerjasama dalam sebuah tim (good teamwork) ?

Dengan selalu meningkatkan kemampuan yang anda miliki, maka akan membuat anda lebih "kompetitif" dari saingan anda dalam melamar pekerjaan. Fokuslah pada apa yang ingin anda capai, apapun posisi pekerjaan yang anda incar. Kembangkan terus ketrampilan/keahlian yang anda miliki, bangun rasa percaya diri, dan selalu berpikir positif sebelum anda siap untuk melakukan wawancara kerja.

Pada artikel sebelumnya, TrikCariKerja.com memberikan tips Cara Mencari Pekerjaan Yang Paling Cocok, silahkan anda baca untuk meningkatkan pengetahuan anda.

Itulah beberapa tips dan trik cari kerja sebelum anda melangkah lebih jauh. Semoga tulisan ini bisa lebih bermanfaat untuk anda yang sedang sibuk cari kerja.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.