Selasa, 30 Desember 2014

Dalam Mencari Pekerjaan Lihatlah Diri Anda Secara Objektif

Tips Cari Kerja - bukan sekedar tips cari kerja
Dalam mencari pekerjaan yang mungkin anda lakukan tidak kunjung mendapatkan hasil, sebenarnya bisa anda analisa faktor apa saja sebenarnya yang menyebabkan semua usaha anda gagal, padahal jika anda perhatikan banyak sekali posisi lowongan kerja yang tersedia baik di berbagai website lowongan pekerjaan ataupun melalui media cetak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat berburu lowongan kerja sebaiknya anda tulis apa saja kekurangan anda, apa saja kesalahan anda, apakah ada tekhnik lain dalam mencari pekerjaan, dan hal lainnya yang mungkin menghambat proses pencarian kerja. Ya.. Bersifat objektif pada diri sendiri akan sangat membantu anda memperbaiki kesalahan-kesalahan yang selama ini terjadi.

Ketika anda memandang diri anda secara objektif dalam proses pencarian kerja, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu
- Keahlian
Apa keahlian yang anda miliki dan sangat dibutuhkan perusahaan, pengalaman kerja dengan bakat unik yang disertai dengan sertifikat?, dan apa yang menjadi kompetensi utama anda?

- Keinginan anda dalam mencari pekerjaan (Needs)
Apakah anda mencari pekerjaan hanya berkaitan dengan tingkat besar kecilnya perusahaan (terkenal/tidaknya), atau anda hanya ingin mengejar tittle, misalnya sales manager, marketing manager, manager tim, atau bahkan hanya bekerja freelance. Berapa besarnya kompensasi/gaji yang anda inginkan, tentunya dikaitkan dengan pengalaman kerja dan tingkat keahlian yang anda miliki.
Ini yang perlu anda pertimbangkan pada saat anda mencari pekerjaan.

- Lokasi
Seberapa jauh anda tempat kerja anda dari rumah (keluarga) anda, apakah anda akan nyaman dengan tawaran kerja yang anda terima? ataukan anda bekerja dengan sistem jarak jauh yang hanya mengandalkan internet menggunakan email, videocall. Jika tempat bekerja anda jauh dari rumah anda, sarana transportasi apa yang ingin anda gunakan, apakah itu akan effisien buat anda.

- Timing
Kapan saatnya anda akan bekerja dan kapan waktu kerja yang anda inginkan. Segera, berdasarkan tanggal tertentu, atau pada waktu-waktu tertentu

Itulah beberapa tips agar anda tetap fokus dalam mencari pekerjaan sesuai yang anda inginkan dan sesuai dengan karakter anda sendiri. Semoga trik cari kerja ini bisa bermanfaat buat anda. Silahkan anda baca juga pada artikel tips cari kerja yang saya tulis sebelumnya.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.